Meski menghadapi recall yang mencapai jutaan unit tahun lalu, tak membuat Toyota kehilangan konsumen di Amerika Serikat (AS). Malah, hasil dari Studi Kepercayaan Kendaraan di AS 2011 (US Vehicle Dependability Study) yang dilakukan oleh  JD Power & Associates menunjukkan tujuh tipe dari produk Toyota menjadi model paling dipercaya.

Ketujuh produk tersebut Lexus RX, Toyota Scion xB, Toyota 4Runner, Prius, Sienna, Tacoma, dan Tundra yang memimpin di segmen premium Crossover/SUV, Compact MPV, MidSize Crossover/SUV, Compact Car, Sub-Compac Car, MiniVan, Midsize PickUp dan Large PickUp.

Di posisi kedua, Ford Motor Company menyabet empat tempat untuk model Ford Fusion, Mustang, Lincoln MKZ dan Lincoln Navigator, tiga produk dari General Motors (Buick Lucerne, Cadillac DTS, dan Chevrolet Tahoe). Di luar dugaan, Lincoln berhasil melesat tingkat kepercayaannya ke posisi teratas dari sebelumnya cuma posisi ke 13. Posisi kedua ditempati Lexus, selanjutnya Jaguar, Porsche dan Toyota.

Honda juga menempatkan tiga model Acura RL, Honda CR-V dan Honda Fit. Sedangkan model lain yang masuk kategori paling dipercaya termasuk BMW X3, Mazda MX-5 Miata, dan Mercedes-Benz CLK (lihat gambar).

Penelitian ini dilakukan JD Powers selama tiga bulan Oktober-Desember 2010 terhadap 43.700 responden (konsumen) dengan pengalaman memiliki kendaraan setidaknya satu tahun. Konsumen itu minimal sudah memiliki mobil selama tiga tahun alias kendaraan produksi 2008. Penelitian juga mencatatkan 202 jenis permasalahan yang mungkin terjadi dari pengalaman tersebut.

Menurut JD Power, VDS bisa digunakan oleh produsen otomotif di dunia untuk menghasilkan kendaraan lebih baik, memenuhi kebutuhan konsumen sehingga menciptakan loyalitas terhadap merek. “Produsen mobil secara keseluruhan telah mencatatkan peningkatan siginfikan dalam mengurangi permasalahan yang biasa terjadi dalam memiliki kendaraan. Perbaikan dilakukan pada bagian interior, mesin, transmisi, kemudi dan pengereman dalam beberapa tahun belakangan,” ujar David Sargent, Vice President of Global Vehicle Research JD Power and Associates, seperti dilansir Caradvice, hari ini (22/3).

Sargent menambahkan, “Saat ini produsen mobil menambahkan berbagai fitur dan teknologi baru untuk memuaskan keinginan konsumen, tapi di sisi lain berpotensi memperkenalkan masalah baru (karena harus mengajarkan cara penggunaannya).”

Lincoln (merek dari Ford) berhasil melesat tingkat kepercayaannya ke posisi teratas dari sebelumnya cuma posisi ke 13 di benak konsumen AS. Posisi kedua ditempati Lexus, selanjutnya Jaguar, Porsche dan Toyota.

sumber:kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s