wandoyo siswanto imageWandoyo Siswanto, mantan Kabiro Perencanaan dan Keuangan Kementerian Kehutanan, hari ini akan menghadapi sidang tuntutan. Wandoyo merupakan terdakwa kasus korupsi pengadaan proyek Sistem Komunikasi Radio Terpadu tahun 2006 dan 2007. “Jaksa Penuntut Umum akan membacakan tuntutan dengan terdakwa Wandoyo,” kata petugas Pengadilan Tipikor, Amin.

Seperti diketahui, Wandoyo didakwa telah menerima uang sebesar Rp 20 juta dan US$ 10 ribu. Uang itu diberikan sebagai imbalan pemenangan PT Masaro Radiocom menjadi pelaksana pengadaan proyek SKRT tahun 2006 dan 2007.

Wandojo mencantumkan nama PT Masaro sebagai pelaksana pengadaan dalam usulan revisi III DIPA 69 tahun 2006 yang diajukan ke Komisi IV DPR. Wandojo membuat seolah-olah PT Masaro adalah agen tunggal pemegang tunggal merek Motorola yang memproduksi radio pada frekuensi 230-245 Mhz.

Dalam kasus di tahun 2006 ini, negara mengalami kerugian hingga Rp 30,006 miliar. Di tahun 2007, Wandoyo juga kembali memenangkan PT Masaro sebagai pelaksana proyek perluasan jaringan SKRT senilai Rp 47,7 miliar.

Sementara Sekretaris Jenderal Kementerian Kehutanan Boen Mochtar Purnama juga diduga ikut berperan dalam korupsi proyek pengadaan SKRT ini. Boen disebut sebagai pelaku bersama dengan Wandojo.

Wandoyo dijerat dengan dakwaan berlapis yakni dakwaan kesatu primair Pasal 2 ayat 1 subsider Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Adapun, untuk dakwaan kedua primair mengacu kepada  Pasal 5 ayat 2 UU yang sama. sumber cybernews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s