Bercinta menjadi lebih hidup jika pasangan mengetahui apa yang diinginkan dari masing-masing. Jadi, bukan rahasia lagi kalau kebanyakan perempuan merasa lebih senang dipeluk dan dimanja setelah bercinta. Sementara pria cenderung ingin bersantai dengan menghisap rokok atau sekadar minum.

Mengapa keduanya bisa berperilaku berbeda setelah bercinta? Melalui Journal of Sex Research, para ilmuwan AS mencoba mengungkapkan alasan dibalik fenomena tersebut.

Dalam riset tersebut mengungkapkan perilaku setelah bercinta mengindikasikan bahwa perempuan ternyata memiliki inisiatif lebih besar untuk menjalin ikatan dan keintiman, baik dalam konteks hubungan sesaat maupun jangka panjang. Sementara, para pria cenderung terjebak dalam perilaku “menghargai secara ekstrinsik”, atau menambah peluang melakukan seks berikutnya.

“Kebanyakan studi psikologi evolusioner tentang reproduksi manusia terfokus pada apa yang terjadi sebelum dan menjelang hubungan seks. Tetapi strategi reproduktif tak berhenti setelah hubungan badan. Dan, hal itu mungkin memengaruhi secara langsung perilaku spesifik pascahubungan seks,” ujar penulis riset, Susan Hughes.

Hughes mengatakan, ada sejumlah elemen dalam proses reproduksi yang mendasari perbedaan setelah peristiwa itu terjadi. Elemen tersebut termasuk bonding (ikatan), niat berhubungan selanjutnya (dan kemungkinan melakukan aktivitas seksual berikutnya), penyimpanan dan kompetisi sperma, menjaga pasangan, dan kemungkinan pembuahan.

“Dibandingkan lelaki, kaum perempuan lebih menitikberatkan pada lima hal, yakni ngobrol secara intim, berciuman, belaian dan pelukan, menyatakan cinta pada pasangan, serta bicara kelanjutan hubungan setelah seks,” ujar Hughes.

“Hal berbeda ditunjukkan pria yang mengutamakan meraih penghargaan ekstrinsik setelah bercinta (seperti minum atau merokok, makan atau menanyakan kesukaan pasangan). Pria juga lebih mementingkan berlanjutnya aktivitas seksual ketimbang perempuan,” tambahnya.

Jurnal tersebut juga menyebutkan pria juga lebih suka mengawali ciuman sebelum bercinta, sedangkan perempuan justru senang mengawalinya seusai bercinta.

Selain itu, kaum Hawa menilai pembicaraan intim dan diskusi tentang hubungan lebih penting dibahas sebelum melakukan seks ketimbang sesudahnya. Sementara pria beranggapan tidak ada bedanya antara sesudah atau sebelum bercinta.

Uniknya, ungkapan yang seragam antara lelaki dan perempuan adalah keduanya sama-sama menganggap penting untuk mengatakan “I love you” kepada pasangan usai bercinta.

sumber.cybernews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s