Masayarakat umum di Bandar Lampung sekarang tak lagi bisa memiliki mobil pribadi dengan plat nomor khusus Pasalnya, Kepala Polda Lampung Brigjen (Pol) Sulistyo Ishak telah melarang penerbitan pelat nomor kendaraan bernomor khusus. Alasannya, pembuatan pelat khusus akan menyulitkan dalam mengidentifikasi kendaraan.

Memiliki kendaraan pribadi dengan nomor polisi sesuai keinginan pemiliknya tentu merupakan hal yang membanggakan bagi sebagian orang. Mereka bisa mancantumkan inisial namanya, tanggal lahir, tanggal pernikahan, atau identitas lainnya dengan pelat nomor khusus yang dipesan atau dibeli dari pihak kepolisian.

Penomoran kendaraan yang khusus hanya akan diberikan kepada pejabat dan orang tertentu karena kepentingan tugas yang dia emban, bukan lagi untuk masyarakat dan orang biasa dan mengenai nomor khusus yang sudah telanjur diterbitkan dan dipegang oleh masyarakat sipil biasa dan bukan yang dikategorikan dalam aturan, Kapolda berjanji akan melalui peninjauan ulang.

Kepala Polda  Brigjen (Pol) Sulistyo Ishak menegaskan polisi dilarang keras untuk menjadi calo penomoran kendaraan, apalagi menawarkan nomor khusus bagi pemilik yang tidak termaktub dalam undang-undang. “Tindakan itu justru akan merugikan pihak kepolisian untuk melakukan identifikasi, karena dengan kode-kode yang telah dimiliki pada setiap nomor kendaraan, dapat langsung ketahuan apabila nomor tersebut palsu atau kendaraan curian,” pihaknya akan memberikan sanksi tegas bagi anggotanya yang terbukti menjadi calo untuk penerbitan nomor khusus atau sering disebut nomor “cantik” karena aturan terkait tentang penomoran kendaraan sudah sangat jelas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s